Belajar Photoshop: Pengguna Photoshop Harus Maksimalkan Fungsi Ini

Belajar Photoshop kali ini saya akan memperkenalkan fungsi Smart Object. Alasan saya menulis artikel ini karena menurut saya penggunaan Photoshop harus memaksimalkan fungsi ini.

Sepengetahuan saya waktu mencoba Adobe Photoshop CS5 setiap file gambar yang kita buka akan langsung menjadi Smart Object. Jadi artikel ini hanya ditujukan untuk pengguna Adobe Photoshop CS3 seperti saya.

Kelebihan jika kita merubah file gambar menjadi Smart Object adalah salah satunya jika kita mengecilkan ukuran gambar dan saat kita memperbasar kembali ukuran gambar ke bentuk semula maka gambar tidak akan pecah. Berbeda jika kita tidak menggunakan fungsi Smart Objek, maka ketika kita mengembalikan ukuran gambar yang sudah diperkecil kebentuk ukuran semula maka kualitas gambar akan berubah.

Belajar Photoshop: Pengguna Photoshop Harus Maksimalkan Fungsi ini
Gambar atau layer yang telah dirubah menjadi Smart Object.

Belajar Photoshop: Pengguna Photoshop Harus Maksimalkan Fungsi ini
Gambar atau layer yang tidak dirubah menjadi Smart Object.

Jika kamu tidak percaya silahkan nanti kamu praktekkan.

Manfaat dari Smart Object yang tadi memang cukup membantu. Karena kita pasti sering melakukan perubahan ukuran gambar. Tapi ada lagi fungsi dari Smart Object yang sangat membantu untuk kita yang terbiasa menggunakan fungsi Filter.

Dengan merubah gambar menjadi Smart Object setiap kali kita menggunakan fungsi Filter maka filter-fiilter yang kita gunakan akan terekam di layer Smart Object tersebut. Sama seperti jika menggunakan fungsi Layer Style.

Belajar Photoshop: Pengguna Photoshop Harus Maksimalkan Fungsi ini
Gambar atau layer yang telah dirubah menjadi Smart Object maka akan merakam setiap fungsi Filter yang kita pergunakan.

Inilah mengapa saya katakan pengguna Photoshop harus memaksimalakan fungsi Smart Objeck. Jika gambar telah dirubah menjadi Smart Objek maka filter-filter yang kita gunakan akan terekam dan kita bisa mengedit ulang jika terjadi kesalahan pengaturan pada Filter dengan cara klik-dua kali pada tulisan Filter yang ingin kita edit ulang

Lalu bagaimanakah cara kita mengaktifkan Smart Objeck. Cara yang dilakukan untuk mengaktifkan Smart Object terbilang sangat sangat sangat mudah sekali dan berbanding terbalik dengan manfaat yang bisa kita dapatkan

Untuk mengaktifkan Smart Object kamu cukup klik-kanan pada layer yang ingin dijadikan Smart Object kemudian pilih Convert to Smart Object.

Kesimpulan:
Dengan adanya fungsi Smart Object ini kita telah melakukan langkah yang tidak merusak keaslian gambar.
Penggunaan Smart Object sangat membantu untuk menjaga kualitas gambar dan merekam filter-filter yang kita gunakan. Dengan adanya fungsi Smart Object ini kita telah melakukan langkah yang tidak merusak keaslian gambar.

Terima kasih telah membaca artikel atau tutorial Belajar Photoshop: Pengguna Photoshop Harus Maksimalkan Fungsi Ini. Semoga artikel atau tutorial yang saya berikan ini bisa bermanfaat.

*Note: Saya mengajak teman-teman untuk bergabung di blog ini. Diharapkan dengan bergabungnya teman-teman di blog ini. Informasi seputar tutorial Photoshop akan bisa lebih mudah saya sebarkan.

GABUNG SEKARANG >>>


Jika sebelumnya saya telah membangun blog tutorial Photoshop yang pertama yaitu PSDink. Kali ini saya mencoba mengembangkan satu lagi blog tutorial Photoshop bernama Photoshop Cs3.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.